Penulisan Terima Kasih yang Benar


Halo, Sobat RuangKata!

Pada label CaraKata kali ini kita akan membahas tentang penulisan kata terima kasih yang sesuai dengan EYD (Ejaan yang Disempurnakan), atau kalau sekarang sudah diganti menjadi PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia).

Kalian pastinya tahu kata terima kasih itu ungkapan untuk apa.

Terima kasih merupakan ungkapan seorang berkaitan dengan rasa syukur kepada sesama makhluk atas sebuah kebaikan yang kita terima darinya ataupun diperuntukan kepada Tuhan yang sudah memberikan nikmatNya kepada kita.

 

Dalam keseharian sudah barang tentu  kita biasa mengungkapkan kata terima kasih, baik secara lisan maupun dalam tulisan. Dalam ucapan memang tidak begitu ada masalah, tapi jika sudah berkenaan dengan tulisan dan dunia kepenulisan tentu ada saja kebimbangan, apakah penulisan kata terima kasih yang kita tulis selama ini sudah sesuiai dengan KBBI?

Banyak di antara kita yang masih belum tahu dalam menuliskan kata terima kasih. Pasti kalian sering menemui yang penulisannya disatukan: terimakasih. Ada juga yang menuliskannya dengan cara dipisah dengan spasi: terima kasih.

Lalu, mana yang benar? Berikut penjelasannya.

Sobat RuangKata, kalau kita melakukan pencarian kata di KBBI melalui web ataupun lewat aplikasi dengan mengetikkan kata terimakasih yang digabung, maka entri yang kita cari tidak ditemui, artinya kata tersebut tidak terdapat dalam KBBI.

Namun sebaliknya, jika kita mengetikkan kata terima kasih yang dipisah spasi, maka akan muncul entri yang kita cari tersebut beserta artinya.

terima kasih / te·ri·ma ka·sih / n rasa syukur;

berterima kasih / ber·te·ri·ma ka·sih / v mengucap syukur; melahirkan rasa syukur atau membalas budi setelah menerima kebaikan dan sebagainya


Nah, kalian tahu kan kesimpulannya. Yups, penyusunan kata yang benar adalah kata terima kasih yang dipisah dengan spasi, bukan terimakasih yang digabung.

Kemudian, bagaimana jika kita menulis kata terima kasih dalam kondisi informal?

Kalau dalam keadaan tidak formal boleh-boleh saja, terserah kalian mau menuliskannya pakai yang mana. Bebas. Misalnya saat chattingan sama teman, berkomentar di postingan sosmed, atau dalam keadaan menulis non formal lainnya. Mau kalian mengetik pakai kata terimakasih, mau pakai kata yang disingkat-singkat seperti makasih, thx, thanks, atau mau pakai bahasa dari planet Namex juga tidak masalah, seperti maaciih. Asalkan teman kamu mengerti apa yang kamu tuliskan.

Tetapi ingat, jangan menuliskan kata-kata informal tersebut dalam suasana resmi semacam dalam tulisan membuat skripsi, lamaran, surat resmi, dll.

Bagaimana, Sobat RuangKata? Sekarang kalian telah mengerti kan penyusunan kata terima kasih yang benar. 

Baiklah kalau begitu, cukup sekian pembahasan tentang penulisan kata terima kasih yang sesuai PUEBI. Mudah- mudahan berguna untuk kalian. 

Jangan lupa untuk membagikan pengetahuannya kepada teman kalian.

emoticon-Jempol

Terima kasih.



ATAU

Baca Selanjutnya Baca Sebelumnya
1 Comments
  • Unknown
    Unknown 9/28/20, 9:42 PM

    Siap

Tulis Komentarmu
comment url