Bedah Lirik Lagu Di Belakangku - Peterpan



Seorang teman saya sedang menikmati sekali lagu Di Belakangku yang dibawakan oleh band kenamaan Indonesia Peterpan yang sekarang sudah berevolusi menjadi Noah, sering dia ulang-ulang lagu tersebut di pemutar musiknya. Sampai suatu ketika dia bertanya kepada saya -yang merupakan salah satu penggemar band ini- tentang apa sih makna di balik lagu itu, kok kesannya gelap sekali dan semacam ada rasa tersayat-sayat dalam diri lagu dan suara penyanyinya.
 
Saya pun jadi tergelitik untuk mencoba menguak makna di balik lirik-lirik lagu peterpan yang menurut saya memang liriknya lain dari yang lain. Saya suka menyebutnya lirik lagu peterpan sebagai lirik yang sastrawi. Tidak melulu mengobral kata-kata 'pasaran' dan cenderung sulit dipahami bagi mereka yang tidak mengerti sastra.

Karena kali ini teman saya meminta untuk mengulik lagu Di Belakangku, maka saya akan coba menguak sebisa saya makna liriknya, dan ini tentunya versi pendalaman saya.

Di Belakangku
Song & lyric : Nazril Irham


[Kau peluk aku sebelum membunuhku]

Ada dua tokoh dalam lagu ini; kau dan aku
Kau : merujuk kepada pasangan atau kekasih
Aku : si penyanyi itu sendiri. Untuk memudahkan nantinya saya namai saja dengan Ariel

Di antara kita mungkin ada yang pernah merasakan jatuh sejatuh-jatuhnya setelah sebelumnya ditinggikan setinggi-tingginya. Nah si Ariel dalam lagu ini tengah berada di titik itu. Awalnya dipeluk-peluk kemudian di'bunuh'. Maksudnya 'bunuh' di sini bukan pada makna sebenarnya, melainkan sebuah metafora yang menggambarkan sebuah perlakuan dari seseorang yang membuatnya teramat terluka dan sangat sakit.

[Tersenyum melihatku, merenung melihatmu]

Masih berkaitan dengan sebelumnya, di sini Ariel disuguhi senyuman manis oleh wanitanya, tapi justru dia merenung, ada apa di balik senyuman wanitanya; senyum manis atau senyum bengis.

[Kau menungguku, menunggu kuterjatuh
Setiap langkah tertuju setia dalam menunggu]

Dalam lirik ini Ariel menggambarkan wanitanya adalah sosok yang setia, bahkan dalam setiap tujuan langkahnya adalah kesetiaan dalam menunggu. Ya, si wanita setia menunggu Ariel terjatuh lantaran permainannya.

[Aku menunggumu menunggumu menunggumu mati
di depanku di depanku di depanku]

Lirik ini digaungkan dengan nada tinggi, ini menunjukkan adanya emosi yang mendalam dalam diri penyanyinya. Bahkan saking emosinya Ariel menulisnya dengan lirik yang bisa dibilang kejam 'menunggu mati'. Setelah tadi di awal dipermainkan dan Ariel merasa terbunuh, kini dia ganti berteriak menunggu wanitanya mati di hadapannya. Kalau saya mengarahkan kata 'mati' di sini sebagai karma. Kita tahu di awal tadi Ariel menceritakan dirinya yang terbunuh, maka ia pun berharap kematian/karma itu menimpa wanitanya.

Nah, sampai di sini kita belum tahu ada masalah apa sebenarnya antara Ariel dan pasangannya. Kita hanya disuguhi luapan emosi dan perasaan Ariel dan sedikit penggambaran wanitanya. Masih remang kenapa si Ariel bisa sampai segitunya.

[Kau peluk aku sebelum membunuhku
Tersenyum melihatku merenung melihatmu
Aku menunggumu menunggumu menunggumu mati
di depanku di depanku di depanku]


[Apa yang kau lakukan di belakangku?
Mengapa tak kau tunjukkan di hadapanku?]

Di bagian ini akhirnya ditampilkan permasalahannya. Ariel bertanya dengan 2 kalimat tanya:

1. Kalimat tanya retoris. Pertanyaan yang digunakan untuk meminta sebuah kejelasan perihal yang sudah ia ketahui. "Apa yang kau lakukan di belakangku?"
Kata 'di belakang' sudah pasti kita tahu itu untuk menunjuk sesuatu perbuatan yang dilakukan tanpa sepengetahuan Ariel, ya meski akhirnya tercium juga. Adapun dalam sebuah hubungan 'di belakangku' lebih mengarah ke pengkhianatan, perselingkuhan.

2. Kalimat tanya tersamar. Pertanyaan untuk menyindir. "Mengapa tak kau lakukan di hadapanku?
Kenapa menyindir, karena dia tahu yang namanya main belakang itu nggak mungkin di depan. Seperti pertanyaan; "Sekarang jam berapa?" Kepada orang yang telat datang meski si penanya tahu waktu menunjukkan jam berapa.

[Apa yang kau lakukan di belakangku
di belakangku ... di belakangku ... di belakangku ... di belakangku ...]

Ini bagian lirik yang menurut saya paling memainkan emosi. Di lirik ini mempertegas betapa Ariel benar-benar menyayangkan sikap wanitanya yang begitu tega mengkhianati cintanya. Dimulai dari nada rendah sampai kemudian meninggi, meninggi dan semakin meninggi.
Di belakaaangkuuuu hoouooo.....

Lagu yang Luar Biasa.

Kesimpulan: Lagu Di Belakangku merupakan lagu yang menyayat emosi penyanyi dan pendengarnya dengan liriknya yang gelap dan dalam. Lagu yang mengisahkan seseorang yang merasa sangat tersakiti begitu mengetahui kelakuan pasangannya yang tega mengkhianati cintanya dengan main belakang alias selingkuh.

Nah itu saja yang bisa saya pretelkan dari lirik lagu Di Belakangku versi saya.
Silakan ditambahkan bagi yang mempunyai penangkapan makna yang berbeda, atau munkin ada juga yang ingin mengoreksi hasil penangkapan makna dari saya supaya lebih lengkap dan gamblang.

Terima kasih.
Azer Irham :B


ATAU

Baca Selanjutnya Baca Sebelumnya
Komentar Netizen
Tulis Komentarmu
comment url