Arti Kata Lebay



Hai! semoga harimu tidak lebay, wkwk.

Di telinga kita pasti sudah tidak asing lagi dengan kata Lebay, kan. Sering kita dengar remaja-remaja jaman now melontarkan kata Lebay dalam menanggapi perbuatan orang lain, entah itu di sekolah, di tempat tongkrongan, atau bahkan di media sosial. Tapi pernah nggak sih kalian coba cari tahu apa arti dari kata lebay itu sendiri?

Saya coba cari dengan memasukkn kata lebay pada kolom search di sebuah situs web Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ternyata hasilnya nihil alias kata tersebut tidak ditemukan, tidak masuk kosa kata KBBI. Kemudian saya coba buka aplikasi Kamus Tesaurus di android ternyata kata lebay ada di dalamnya.

Menurut kamus tersebut, kata lebay masuk ke dalam bahasa gaul yaitu ragam bahasa Indonesia nonstandar yang lazim digunakan oleh anak muda dalam pergaulan sehari-hari. Ada 3 arti yang saya dapatkan:
  1. Berlebihan
  2. Manja
  3. Kata dalam bahasa gaul yang berasal dari kata lebih.

Namun kalau kita lihat konteks penggunaan kata lebay tersebut, secara umum arti yang sesuai adalah Berlebihan. Sebab realita yang ada memang yang sering terjadi seperti itu adanya. Pastinya sudah familiar sekali di kehidupan kita kalau kata lebay dijadikan semacam hiperbola sebagai tanggapan atas sesuatu dengan konotasi negatif.

"Jangan lebay, deh!", "Dasar lebay!", "Lebay banget sih lu!" dan pengungkapan lain yang sejenisnya.

Nah, Gaes, sekarang sudah lebih tahu kan apa itu lebay.

ATAU

Baca Selanjutnya Baca Sebelumnya
Komentar Netizen
Tulis Komentarmu
comment url