Sekilas Tentang Lucid Dream




Apa itu Lucid Dream?

Sobat RuangKata, ketika kamu bermimpi saat tidur pernahkah kamu menyadari bahwa kamu sedang berada di alam mimpi? Jika iya, itu berarti kamu mengalami fenomena yang disebut lucid dream.

Mungkin sebagian dari kamu masih asing dengan istilah lucid dream. Dengan membaca artikel ini semoga bisa menambah wawasan kamu.

Lucid dream berasal dari kata latin lux yang artinya cahaya; dan dream yang artinya mimpi. Lucid dream bisa diartikan mimpi yang terang atau mimpi yang jelas, maksudnya kejelasan tingkat kesadaran yang kita rasakan saat bermimpi. Lucid dream biasa disebut juga keadaan sadar saat bermimpi.

Setiap orang yang mengalami lucid dream memiliki tingkat kesadaran yang berbeda, tingkat kesadaran yang dipengaruhi aktifitas otak saat berada di fase mimpi;

  • Ada yang hanya sadar namun tidak dapat mengendalikan mimpinya. 
  • Ada yang sadar dan mampu mengendalikan mimpinya.
  • Ada pula yang mencapai tingkat kesadaran tinggi yang bisa merasa lebih hidup di dalamnya daripada berada di dunia nyata, atau bisa merasakan indra yang lebih tajam.


Kegunaan Lucid Dream

Melakukan lucid dream banyak kegunaannya bagi diri kita, banyak hal yang bisa kita jelajahi dengan lucid dream, seperti melakukan hal-hal yang kita sukai dalam mimpi, terhindar dari mimpi buruk, memunculkan ide dan kreativitas terpendam, melatih fisik melalui pikiran, hingga mencoba berkomunikasi dengan alam bawah sadar untuk memecahkan masalah pribadi. Semua itu kita yang memilih, mengatur, melihat dan merasakan perjalanan mimpi yang kita ciptakan sendiri.

Namun ada hal-hal yang tidak dapat dilakukan dilakukan bila ego bawah sadar tidak berkenan melakukannya yakni sesuatu yang tidak dapat dijangkau manusia seperti hal-hal yang berkenaan dengan Tuhan.

Beberapa orang melakukan lucid dream untuk jelajah mimpi dan disebut sebagai oneironaut atau penjelajah mimpi. Sebab sering kali dalam jelajah mimpi seseorang menemukan ide dan inspirasi yang belum pernah terpikirkan ketika berada dalam kondisi sadar. Steven Spielberg, sang pembuat film Avatar, mampu menemukan serta mengeksplorasi ide awal filmnya hingga selesai melalui lucid dream.

Itulah sekilas tentang lucid dream. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu sobat RuangKata.

ATAU

Baca Selanjutnya Baca Sebelumnya
Komentar Netizen
Tulis Komentarmu
comment url